Skip to main content

“Moto Hidup”



Ngomong-ngomong tentang moto hidup, gue inget waktu dulu ikut kegiatan kemahasiswaan di kampus gue yang diperuntukan buat mahasiswa baru…kegiatan itu disebutnya TOMAKI(training organisasi mahasiswa kimia). Waktu itu kira-kira taun 2011 , gue jadi peserta yang lugu dan ga tau apa-apa tentang apa yang mau dilakuin kaka senior ke gue, entah gue diceburin ke comberan, ditinggal dihutan atau bahkan disembelih buat korban idul adha (kata orang gue mirip onta). Oia acara itu dilaksanakan pada tanggal 2 – 4 desember 2011.
            Sebelum acara dimulai, peserta diwajibkan menuliskan nama di karton gitu termasuk gue, name tag yang dibikin tujuannya buat pengenal doang. Tapi ada embel2 lainnya…di name tag itu harus ditulisin nama jelek, nama bagus, motto hidup dan cita – cita. Nama bagi gue udah biasa aja kalo di kaya gituan bahkan udah bosen dah guenya juga, tapi buat motto hidup ma cita2 itu penting.. gue sendiri pertamanya bingung apa motto hidup gue. Padahal perlu diketahui gue hamper 20 tahun tapi masih binggung ajah. ….kan bego….
Suatu ketika hati ini terbersit untuk memikirkan motto hidup, kebetulan waktu itu malem dan gue berdiam diri dikamar dengan keadaan diluar sedang hujan deras……hujannyo deres bro….
Nah ,,,,,,disaat situasi demikianlah otak gue berpikir dan memunculkan kata2…yang akhirnya menjadi kalimat seperti ini...
“ sedia payung sebelum hujan”
Kalimat ini gue tau banget udah familiar tau terkenal di lingkungan masyarakat Indonesia tapi gue yakin banget pasti bagus banget buat motto hidup gue. Selain itu gue juga mengartikan kalimat itu kaya gini…..
Dalam kehidupan kita harus mempunyai antisipasi atau solusi yang baik untuk menghadapi sebuah masalah.
            Disisi lain kalimat tersebut mempengaruhi temen-temen gue yang ikut ngebuat motto hidup yang dikatagorikan “aneh” tapi bermakna sangat dalam. Berikut ini adalah motto hidup temen-temen gue :
“Cicing paeh” Idham ibnu alfakillah.
Yang berarti “Diam dan Mati” kata “cicing paeh” tersebut asalnya dari bahasa orang sunda tapi temen gue ini mengartikannya kalau kita hidup itu harus punya kemauan, berusaha dan bergerak (action) jangan hanya diam saja, karena dengan diam saja, kta akan mati dengan sia – sia .

“Wani Udag“ Fajar Dwi Fauzi Hidayat
Yang berarti “Berani Kejar “ kata “ wani udag “ ini juga berasal dari bahasa sunda . yang diartikan oleh temen gue ini adalah ketika kita mempunyai suatu keinginan maka kita harus berani mengejarnya untuk bias mewujudkannya.

“ Barang yang sudah dibeli tidak boleh dikembalikan lagi” Visti apriyanti.
Terdengar seperti slogan di swalayan dsb. Tapi temen gue ini mengartikannya beda, dia beranggapan bahwa jika kita mempunyai tujuan satu, jangan sampai kita menyia-nyiakan tapi kita harus tetap focus terhadap tujuan tersebut hingga terwujud.

Selain itu juga tenyata masih ada temen-temen gue yang punya motto hidup normal, contohnya begini :
“Kunci setia = Jujur “ Davit permana.
“Jangan menerima apa adanya jika yang lebih baik masih mungkin “ Entus Rahayu
“Jangan dengar kata – kata orang “ M.Badar S A
“Manfaatkanlah waktumu untuk orang-orang yang kamu sayangi sebelum ia meninggalkanmu selamanya” Tio Fadel.

            Dari begitu banyak motto hidup itu gue sendiri punya motto hidup yang SERIUS yaitu
“ Kesempatan tidak datang dua kali tapi berkali-kali tergantung bagaimana kita memaksimalkannya” Lukman ajiz.
Dari pemahaman secarra umum mungkin kata-katanya seperti ini
“kesempatan tidak datang dua kali dan kesempatan Cuma datang sekali”
Bagi gue kata-kata itu salah karena kesempatan itu datang berkali-kali tinggal bagaimana kita memanfaatkannya.
            Motto hidup bagi gue penting dan setiap orang harus pumya, sebagai motivasi dan sebagai prinsip hidup. Layaknya cita-cita bagaimanapun motto hidup itu adalah prinsip hidup yang terekam dari pribadi seseorang dan menunjukan karakter dari diri orang tersebut.

2 Look man

Popular posts from this blog

Tabel Periodik Unsur Kimia

AMPEREMETER DAN VOLTMETER

·           VOLTMETER Voltmeter DC merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui beda potensial tegangan DC antara 2 titik pada suatu beban listrik atau rangkaian elektronika. Konsep yang digunakan dalam sebuah volt meter DC hampir sama dengan konsep pada ampere meter. Pada volt meter arus searah atau DC volt meter tahanan shunt atau shunt resistor dipasang seri dengan kumparan putar magnet permanen (permanent magnet moving coil) PMMC yang berfungsi sebagai pengali (multiplier).  Tahanan Pengali (Multiplier Resistor) Penambahan sebuah tahanan seri atau pengali (multiplier), mengubah gerakan d’arsonval menjadi sebuah voltmeter arus searah. Tahanan pengali membatasi arus kealat ukur agar tidak melebihi arus sakala penuh (Idp). Sebuah voltmeter arus searah mengukur beda potensial antara dua titik dalam sebuah rangkaian arus searah dan dengan demikian dihubungkan paralel terhadap sebuah sumber tegangan atau komponen rangkaian. Biasanya terminal-termianal alat ukur ini di

LOGO FMIPA DAN UNIVERSITAS PAKUAN, BOGOR

Logo diatas merupakan logo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan, Bogor. Logo diatas merupakan Logo sebuah universitas yang bernama Universitas Pakuan di kota Bogor.