Skip to main content

Negara Kecil Satu-satu (2)

Mengapa negara kecil satu-satu tak bersatu? Jawabannya adalah karena 4 grup besar ini memiliki kepentingan berbeda, tak mengijinkan masing-masing dari kelompoknya membaurkan diri.

Keegoisan dari semua grup ini? Iya. Karena mereka telah merasakan nyaman dengan kelompoknya masing-masing. Jadi,mereka berpikir "untuk apa lagi bersatu dengan kelompok lain?". Karena itulah selalu ada sekat yang terlihat di antara kelompok-kelompok ini.

Selain itu, adanya ketidaksukaan diantara individu kelompok satu dengan individu kelompok lain yang juga menyebabkan kesatuan ini sulit terwujud.

Tapi jangan salah, usaha untuk bersatu selama ini ada, tapi tak bisa menutupi kesenjangan yang sudah terlanjur tercipta.

Usaha kita pada negara ini belum cukup kuat untuk membuat kesatuan yang didambakan.

---------------------------------------
Saya adalah salah satu dari 25 warga negara dari NKSS (Negara kecil satu-satu), yang pernah berganti kelompok.

Mengapa berganti kelompok?
Karena ketidaksengajaan, karena keinginan saya untuk mengenal dan berteman dengan siapapun cukup tinggi, seakan-akan saya dianggap berganti kelompok, tapi kenyataanya adalah saya berteman dengan siapapun yang mau berteman dengan saya.
Saya sadar, dengan melakukan seperti ini, berpeluang dicap sebagai "pengkhianat", sebagai "penikmat", meskipun niat saya sebetulnya baik.
Adapun resiko terburuk yang mungkin terjadi adalah saya tak diterima disemua kelompok yang ada di negara kecil ini. Karena kebebasan saya berteman bisa saja dianggap buruk, seperti "ada disaat butuh saja".

Niat baik, saya kira itu sudah cukup. Karena Niat baik ini membuat saya merasakan kedamaian diantara kalian.

---------------------------------------
Dengan saya merasakan berganti kelompok, saya memiliki kesimpulan bahwa : Tak bersatu, bukan berarti tidak bagus. Tak bersatu, tak masalah selagi kita dapat merasakan kedamaian yang terlahir diantara kita.

----------------------------------
4 tahun berlalu, tak ada tanda-tanda negara kecil satu-satu ini bersatu (Tak apa). Hingga negara ini menginjakkan kakinya di tahun 2015, dimana seluruh warganya termasuk saya memiliki niat untuk "BERMIGRASI" ke negara lain.

"Kita tak pernah bersatu sampai diakhir perjalanan kita bersama. Tetapi satu hal yang saya tau, kalian semua adalah keluarga saya, suatu pencapaian yang luar biasa bisa bersama kalian sampai 4 tahun ini."

"Kita tak pernah bersatu, karena saya tau masing-masing dari diri kalian adalah pribadi yang kuat dan tangguh (jadi tak perlu bersatu)."

"Negara kecil satu-satu" ini beberapa saat lagi akan mencapai garis finish. Warga negaranya akan bersama-sama "Bermigrasi" menuju "Negara Strata satu".

Kita tak pernah bersatu,
Karena kita adalah "Negara kecil satu-satu" (Chemistry '11)

Tulisan ini saya persembahkan untuk semua teman-teman di Chemistry '11 Universitas Pakuan

"Bersama 4 tahun di kelas, Bersama Wisuda di tahun Dua Ribu Lima Belas"

Back to Negara kecil Satu-satu (1)

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Periodik Unsur Kimia

AMPEREMETER DAN VOLTMETER

·           VOLTMETER Voltmeter DC merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui beda potensial tegangan DC antara 2 titik pada suatu beban listrik atau rangkaian elektronika. Konsep yang digunakan dalam sebuah volt meter DC hampir sama dengan konsep pada ampere meter. Pada volt meter arus searah atau DC volt meter tahanan shunt atau shunt resistor dipasang seri dengan kumparan putar magnet permanen (permanent magnet moving coil) PMMC yang berfungsi sebagai pengali (multiplier).  Tahanan Pengali (Multiplier Resistor) Penambahan sebuah tahanan seri atau pengali (multiplier), mengubah gerakan d’arsonval menjadi sebuah voltmeter arus searah. Tahanan pengali membatasi arus kealat ukur agar tidak melebihi arus sakala penuh (Idp). Sebuah voltmeter arus searah mengukur beda potensial antara dua titik dalam sebuah rangkaian arus searah dan dengan demikian dihubungkan paralel terhadap sebuah sumber tegangan atau komponen rangkaian. Biasanya terminal-termianal alat ukur ini di

LOGO FMIPA DAN UNIVERSITAS PAKUAN, BOGOR

Logo diatas merupakan logo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan, Bogor. Logo diatas merupakan Logo sebuah universitas yang bernama Universitas Pakuan di kota Bogor.