Skip to main content

Cinta Tanpa Alasan (Edisi HIMASKA)



           Awal yang membingungkan untuk memulai ini semua, gue yang sedang disibukan dengan jadwal baru kuliah semester 5 di universitas ini, ditambah lagi harus ada yang gue urus mengenai program kerja himpunan. Pertama-tama gue jelasin dulu, gue adalah lukman ajiz, mahasiswa kimia 2011, gue menjabat sebagai koordinator bidang Pkp Litbang (keilmuaan). Bulan depan (oktober) HIMASKA (Himpunan Mahasiswa kimia) begitu kira-kira sebutan untuk himpunan yang sekarang gue tekunin, katanya si? Mau ngadain acara PEKAN KIMIA 2013. (keren kan), yang lebih kerennya lagi gue lah yang jadi ketua pelaksana (najis). Di postingan kali ini kebetulan bukan itu yang akan gue bahas. Tapi Tentang HIMASKA-nya sendiri.
            Gue disini sebagai bagian dari himaska, hanya akan mengeluarkan unek-unek dalam otak,pikiran,hati gue. Jadi, sebelum gue mulai mohon maaf jika ada perorangan atau sekelompok orang yang merasa terpojokan (jika ada, silahkanlah marah dan kesal, itu cuma akan membuat saya bilang, Terima kasih telah sadar). 

SUMPAH HIMASKA kekurangan PERSONIL
            Awal mula gue kuliah itu tahun 2011, mahasiswa yang BAU (baru mau) masuk kuliah dihadapkan dengan TOMAKI (training organisasi mahasiswa kimia) ini adalah sejenis pintu masuk himpunan sama aja kaya ospek dan sejenisnya. Gue yang tabu dengan semua hal itu secara tidak langsung “menjadi anggota” HIMASKA. Sedikit yang menjadi berbeda adalah KAMI (anggota himaska) sangat minim personil, jadi menurut gue itu lucu. Kalian yang bahkan yang ga ngerti organisasi, ga mau ikutan, bisa menjadi anggota kalau kalian ikut tomaki, itulah anggota HIMASKA. Seperti yang gue bilang tadi, dikarenakan anggotanya sedikit, gue yang dikatagorikan anggota baru, pernah ditawarkan menjadi Calon ketua di TAHUN PERTAMA GUE MASUK. (Organisasi manapun belum pernah saya temukan seperti ini). Di HIMASKA kaderisasinya EXPRES. Gue yang tau kalau tak layak anak baru memimpin seniornya adalah hal yang lucu, maka gue putuskan mengundurkan diri. Bukan Cuma itu aja, salah satu mahasiswa angkatan gue aja BISA jadi Wakil Ketua, di tahun pertama itu ( aneh menurut gue, tapi biasa aja menurut yang lain), Alasannya kenapa gue bilang aneh adalah regenerasi itu sangat bagus, tapi cobalah beri pemahaman yang lebih dulu tentang himpunan kepada kami (mahasiswa baru) yang bahkan tidak tahu tentang sistem organisasi untuk mahasiswa, jadi apakah tidak merasa aneh ketika kami ( yang baru ini) menjabat posisi yang penting itu. Walaupun begitu, akhirnya gue sadar kenapa orang lain menganggap biasa aja, Karena Sumpah HIMASKA kekurangan Personil. 

KESADARAN ANGGOTA TAK TERLIHAT
            Ditahun pertama gue adalah anggota biasa yang ikut-ikutan karena memang gue MALES, jujur awalnya gue ga nyaman dengan himpunan ini. Pertama gue terasa dipaksa untuk menjadi anggota, tapi itu dulu. Kenapa gue bilang males, yah karena tak ada yang membuat gue tertarik dengan himpunan. Himaska tak membuat gue INGIN belajar berorganisasi, isinya hanya TALK KOSONG, NYARING BUNYINYA. Nah itulah yang membuat gue MALES. Ngomong mulu dan omongan itu ga bermakna, ga berfungsi untuk memajukan, ga benar-benar mendidik (maaf ni, tapi itu kenyataan yang gue alami). Kesadaran anggota itulah yang membuat HIMASKA ga berkembang, gue yang udah tau banyak permasalahan di himaska dan mulai sadar akan sebuah organisasi akhirnya mau ikut dan menjadikan himaska lebih dari sekarang. Tapi sayang, jumlah anggota yang awalnya berfikiran seperti gue banyak dan itu ¾ dari anggota yang ada. Banyak banget, sumpah. Alasan mereka beragam :
1.      Males diganggu waktunya untuk begituan (organisasi)
2.      Males karena beranggapan ga ada artinya ikut
3.      Tidak mau disuruh-suruh
4.      Males kalau harus berhungan dengan ade atau kaka kelas Dan lain sebagainya
Alasan yang klasik dan terdengar lucu menurut gue. Ironis memang, gue ga bisa berbuat apa-apa dengan pilihan mereka, tapi ada pesan yang mungkin bisa membantu :

Untuk siapapun anggota yang merasa seperti yang gue jelasin diatas, gue harap kalian tau, ada hal yang sebenernya kalian belum mengerti sampai saat ini. Gue tau kalian punya kehidupan masing-masing, dengan hobi, pekerjaan kalian. HIMASKA bukan hiburan coy, himaska tempat kita belajar berorganisasi. Diantara kalian pasti ada yang pengen jadi Direktur, itu sama aja kaya KETUA, kalau kalian ga tau organisasi, gimana kalau jadi direktur untuk memimpin perusahaan. Buat yang merasa pria, kalian adalah calon kepala keluarga, keluarga itu organisasi dan kalianlah ketuanya, mengatur keluarga boy, coba kalo lu punya banyak anak, ngaturnya gimana?, atu mungkin punya banyak istri?, hayo loh..  jadi sran gue  kenapa ga ikut belajar dipimpin dan memimpin di HIMASKA, gratis. Buat yang masih jadi wanita, kalianlah yang mengatur keuangan keluarga nantinya, jika jadi istri, mengurus anak, sama saja dengan mengurus Himaska. Kalian carilah arti pentingnya organisasi buat hidup kita, dan jika sekarang kalian disajikan organisasi dengan gratis kenapa tidak mencoba,

Semoga kesadaran anggota kembali terlihat. Amin

PROBLEMA ANTAR ANGKATAN YANG SAMA.
            Angkatan gue adalah angkatan yang paling berisik diantara tiga angkatan lain. Awal mula gue pernah denger tentang angkatan terdahulu yang sering adu argumen sampai tidak akur (tak perlu gue ceritain, takut  ada yang tersinggung). Biar gue ceritain aja tentang angkatan gue (2011) dengan 2010 dan 2012. Problema dimulai ketika gue dkk menjadi ade tingkat 2010 yang saat itu menjadi “penguasa” Himaska. Beberapa hal yang dapat gue simpulkan adalah begini, pertama perlu diketahui kami(11) tidak pernah akur dengan mereka(10), itu MUNGKIN karena kami terlalu energik dan kritis terhadap mereka, dan MUNGKIN mereka tidak suka dengan itu, sepertinya kami disangka ngelunjak  (ini baru kemungkinan). Terlabih lagi, ada orang-orang yang hanya memperkeruh suasana, orang-orang tersebut ada dari 2010, dan 2011 juga. Kebalikan dari itu, kami (11) menemukan ade tingkat kami yaitu 2012 yang PENDIAM. Jika setiap angkatan terjadi perselisihan seperti ini HIMASKA jangan pernah berharap menjadi besar. Perlu pemahaman lebih dalam tentang ini. Gue bosen banget denger semua problema yang sama dan ada hal yang pengen gue sampein:

Dari mana pun angkatan lu, dengerin sedikit pesan dari gue
Gue mau bilang sebelumnya buat angkatan 2010 sama 2011 kalian LUCU, sumpah, kalian kaya anak kecil.
Kenapa gue bilang kaya anak kecil?, karena kalian itu udah dewasa coy, masih perlukan beregois2n ria. 2010 gue anggap kakak yang hebat, 2011 gue anggap teman yang luar biasa. Tapi kenapa?

Untuk 2010, waktu kalian jadi anggota inti, kami kritis karena kami ingin membantu, bukan menjatuhkan. Perlu diingat itu. Sekarang kami jadi anggota inti, bantu kami jika kami salah, bukan hanya komentar (seperti fb), kami juga belajar, butuh pengawas dan guru.

Untuk 2011, dewasalah kalian, kalian sekarang anggota inti, kalian tau prioritasnya. Janganlah egois. Gue tau diantara kalian ada yang ga suka dengan anak-anak 2010, bahkan 2012. Kita keluarga coy, sampai kapan mau berantem, mau sirik-sirikan. Gue ga membela kalian jika kalian salah, gue ga membela 2010 atau 2012 tapi ini kenyataan yang gue alami.

Untuk 2012, gue tau kalian baru, wajar kalo kalian terlihat males. Maaf jika kami 2011 kurang bisa memmberikan pemahaman tentang himaska yang sebenarnya. Jika kalian sudah sadar dengan pentingnya himaska buat kalian, kalian pasti tau harus berbuat apa.
 Pesan untuk semua : kita ini keluarga, siapa yang bisa memajukan himaska yang kita, semua. Bukan Cuma 2010, bukan Cuma 2011, bukan Cuma 2012, bukan Cuma alumni, bukan Cuma 2009, Tapi kita semua,bersama.
            Dari ketiga pembahasan gue diatas dari mulai kekurangan personil,  kesadaran anggota, dan problema angkatan. Mohon maaf jika apa yang gue sampaikan adalah kebanyakan ketidaksukaan gue dengan HIMASKA.  Jujur gue nulis semua ini terlahir dengan sendirinya tanpa paksaan dan karena gue PEDULI terhadap HIMASKA. Meskipun banyak hal yang gue ga suka, contohnya disiplin yang kurang, ribut2 angkatan, rapat yang molor, anggota yang males, itu semua membuat gue muak dan sering membuat gue tertawa juga. Dari semua hal itu dapat gue simpulkan:

Jika KITA SEMUA SEBAGAI ANGGOTA HIMASKA tau ARTI PENTINGNYA HIMASKA buat diri kita, insya allah tak akan KEKURANGAN PERSONIL dan tak akan terjadi PROBLEMA ANGKATAN YANG SAMA seperti sekarang ini.
          
Banyak hal yang membuat gue marah, tapi tak membuat gue jadi males ikut himpunan. Banyak anggota yang membuat gue kesel, tapi tak membuat gue berhenti bekerja di himpunan ini. Semua itu karena CINTA gue ke himaska TANPA ALASAN.

Semoga bermanfaat

Sekian.

Popular posts from this blog

Tabel Periodik Unsur Kimia

AMPEREMETER DAN VOLTMETER

·           VOLTMETER Voltmeter DC merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui beda potensial tegangan DC antara 2 titik pada suatu beban listrik atau rangkaian elektronika. Konsep yang digunakan dalam sebuah volt meter DC hampir sama dengan konsep pada ampere meter. Pada volt meter arus searah atau DC volt meter tahanan shunt atau shunt resistor dipasang seri dengan kumparan putar magnet permanen (permanent magnet moving coil) PMMC yang berfungsi sebagai pengali (multiplier).  Tahanan Pengali (Multiplier Resistor) Penambahan sebuah tahanan seri atau pengali (multiplier), mengubah gerakan d’arsonval menjadi sebuah voltmeter arus searah. Tahanan pengali membatasi arus kealat ukur agar tidak melebihi arus sakala penuh (Idp). Sebuah voltmeter arus searah mengukur beda potensial antara dua titik dalam sebuah rangkaian arus searah dan dengan demikian dihubungkan paralel terhadap sebuah sumber tegangan atau komponen rangkaian. Biasanya terminal-termianal alat ukur ini di

LOGO FMIPA DAN UNIVERSITAS PAKUAN, BOGOR

Logo diatas merupakan logo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan, Bogor. Logo diatas merupakan Logo sebuah universitas yang bernama Universitas Pakuan di kota Bogor.