Skip to main content

Teman Datang Saat ..............

kualitas pertemanan kadang dipertanyakan berbagai macam orang dari berbagai macam latar belakang.

Begitupun yang terjadi pada fazli.

suatu hari yang sangat biasa,fazli yang merupakan anak kuliahan tentu punya banyak teman,. Tentu banyak.. (tepatnya banyak teman di facebook).
Di dunia maya,teman banyak.
Di dunia nyata,teman tak adak.

Fazli yang termasuk orang yang sangat memilih dalam berteman ini sedang mengalami masalah atas pertemananya. Ia beranggapan teman-temannya ini hanya datang saat ada butuhnya saja. Itu yang mereka lakukan dan selalu dilakukan terhadap saya, begitulah pernyataan fazli.

Dengan permasalahan yg selalu ia hadapi itu,akhirnya ia tak sanggup menahanya sendiri,dan butuh seseorang untuk diajak bercerita.

Pergilah fazli ke kantor ayahnya. Ia berniat pergi menemui ayahnya untuk mengeluarkan semua keinginanya.

Keinginan untuk pinjam mobil,yang nantinya digunakan untuk menemuin seorang sahabat sekaligus kakak kandungnya , sinta.

Singkat cerita,ia menuju rumah sinta .

Fazli mulai bercerita tentang apa yg mau dia ceritakan.

"kak,kadang kenapa sih temen sendiri itu seakan ada dan datang disaat butuh aja?rese kan yah."
Fazli mulai bertanya.

"yang kamu rasain itu wajar,tapi kamu ga bijak dalam merespon itu zli. Semua teman pasti begitu,tapi..."

"tapi apa?"fazli memotong pernyataan kak sinta

"tapi kamu harus tau ketika kamu bilang "BUTUH" aja. Itu berarti alamiah."

"kok gtu? Maksudnya"tanya fazli penasaran

"jadi gini loh, ketika manusia ditujukan dengan kebutuhan pasti dia punya tujuan yang manusia itu butuhkan dan itu biasanya sifatnya harus,atau bisa dibilang prioritas utama"

Fazli : "terus?"

"bedakan butuh sama ingin,kadang keinginan itu prioritas kesekian.
Jadi,dengan kamu bilang "teman datang saat ada butuhnya aja", itu adalah prioritasnya."

"kebutuhanlah yang ia mau dapatkan dari kamu, butuh mereka bermacam-macam,dari mulai pinjam duit, bantuin kerjaan,nemenin jalan-jalan dan yg lainnya"

"jadi apa yang kamu permasalahkan di otak kamu tentang teman kamu itu hal yg alami, mereka punya kebutuhan yang tentunya mereka cari dari kamu."

Mendengar itu semua,fazli hanya mengangguk-angguk,
Tapi yang ia rasakan masih terasa mengganjal. Dan ia bertanya lagi.

"kalau ada kasus ketika teman hanya datang saat ada butuhnya dan tiba-tiba pergi dari kita,itu gimana?"

"yah,kembali lagi ke kebutuhan tadi,kamu harus tau,apa sih yang ia butuhkan dari kamu? Atau tepatnya kamu punya sesuatu apa sih yang membuat dia nyaman sekaligus membantu dia memenuhi kebutuhannya,

Satu hal yang membuat dia pergi hanya karena apa yang kamu punya dalam diri kamu,sudah tidak dia butuhkan.

Karena perlu kamu tau,berteman itu didasarkan saling membutuhkan dari kedua belah pihak."

"oke,ngerti"

"ngerti apanya?

Fazli berusaha menyimpulkan apa yang dia dengarkan sedari tadi.

"setiap orang punya kebutuhan dan itu tentunya harus dipenuhi,contohnya tentu dari pertemanan,kualitas pertemanan akan terjaga jika kedua belah pihak saling memberikan apa yang dbutuhkan. Jika tak ingin merasa kesal dengan istilah "datang hanya ada butuhnya aja" , berusahalah menunjukan selalu apa yg sekiranya teman kita butuhkan. Contohnya ketika teman kita butuh tempat cerita,.berusahalah kita menjadi pendengar yang baik dan pemberi Solusi atas masalah yg dihadapinya. Dengan begitu disaat apapun mereka akan ada,karena mereka nyaman dengan apa yang kita berikan yang memang mereka butuhkan "

Dari cerita fazli itu, kadang pertemanan tak selamanya mengenakan. Tapi apa yang kita pikirkan seharusnya bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk menjaga kualitas pertemanan itu.
Bagi yang punya teman,mulailah hilangkan istilah
"teman macam apa? datang saat ada butuhnya saja"

Ubahlah jadi
"teman datang saat dia butuh kita dan kita bisa bantu kebutuhan dia"

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Periodik Unsur Kimia

AMPEREMETER DAN VOLTMETER

·           VOLTMETER Voltmeter DC merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui beda potensial tegangan DC antara 2 titik pada suatu beban listrik atau rangkaian elektronika. Konsep yang digunakan dalam sebuah volt meter DC hampir sama dengan konsep pada ampere meter. Pada volt meter arus searah atau DC volt meter tahanan shunt atau shunt resistor dipasang seri dengan kumparan putar magnet permanen (permanent magnet moving coil) PMMC yang berfungsi sebagai pengali (multiplier).  Tahanan Pengali (Multiplier Resistor) Penambahan sebuah tahanan seri atau pengali (multiplier), mengubah gerakan d’arsonval menjadi sebuah voltmeter arus searah. Tahanan pengali membatasi arus kealat ukur agar tidak melebihi arus sakala penuh (Idp). Sebuah voltmeter arus searah mengukur beda potensial antara dua titik dalam sebuah rangkaian arus searah dan dengan demikian dihubungkan paralel terhadap sebuah sumber tegangan atau komponen rangkaian. Biasanya terminal-termianal alat ukur ini di

LOGO FMIPA DAN UNIVERSITAS PAKUAN, BOGOR

Logo diatas merupakan logo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan, Bogor. Logo diatas merupakan Logo sebuah universitas yang bernama Universitas Pakuan di kota Bogor.