Skip to main content

Menikmati Menulis Untuk Dibaca

Awal mula saya mengenal blog, kira-kira tahun 2009. Sebuah blog yang saya buat, awalnya hanya untuk posting dan share apa saja. Mulailah di tahun 2012 saya mulai merombak segala hal yang ada di blog, dari mulai tamplet, sampai susunannya, agar terlihat lebih indah. Mulai dari situ saya banyak share tentang ilmu kimia yang saya dapat dibangku kuliah dan beberapa posting pribadi saya dengan niat tak muluk-muluk yaitu menulis untuk dibaca.
Hampir 6 tahun lamanya, merasakan punya blog pribadi. Jika ditanya tujuan yang ingin dicapai dalam blog ini, tentu saya sedikit bingung. Para blogger lain mungkin menjadikan blognya ladang bisnis (dari iklan), atau bahkan penghidupan. Saya yang terbilang Newbie, ada yang membaca salah satu postingan saja, rasanya luar biasa. Pada dasarnya saya suka menulis dan membaca, mungkin dengan menjadi blogger bisa menjadikan itu sebagai kesenangan. Dengan itu pula sedikit demi sedikit dengan blog, saya menjadi terlatih dalam menulis. Ada satu keinginan saya yaitu bisa punya domain website sendiri (www.lukmanajiz.com), dengan website tersebut saya ingin terus menulis, dan semoga tulisan yang saya buat dapat menginspirasi, dari mulai opini, pengalaman, atau mungkin cerita dari ide kreatif saya.
Awalnya posting di blog terasa sulit, karena harus menyempatkan diri ke WarNet (Warung Internet), karena masih jarangnya internet waktu itu. Tentunya hal tersebut tak lagi dirasakan, di zaman yang teknologi semakin berkembang ini, posting di blog terasa gampang dengan adanya smartphone, yang didukung dengan aplikasi-aplikasi yang memudahkan dalam berposting disebuah blog. Beberapa aplikasi ini tentu akan lebih unggul jika didukung jaringan internet superkencang seperti yang disediakan Smartfren dengan jargon Go For It.

Selama ini ada beberapa aplikasi yang saya gunakan dalam menunjang kesenangan menulis saya sebagai seorang blogger Newbie. Berikut beberapa aplikasi yang sering saya gunakan.

Blogger

Aplikasi ini merupakan aplikasi utama dalam blog, namanya juga Blogger. Blogger merupakan aplikasi yang menyediakan fitur posting untuk memudahkan pengguna dalam membuat entri baru di blog pribadinya dengan hanya mengunakan smartphonenya. Selain itu, jika posting belum selesai, dapat dijadikan draf terlebih dahulu. Sehingga posting lebih mudah. Aplikasi ini juga dapat menyisipkan image dan link, seperti format PC.

Aldiko

Aplikasi ini merupakan semacam perpustakan digital. Saya menggunakannya lebih untuk kegiatan membaca saya sebelum menulis, bisa dibilang menambah informasi dalam menunjang tulisan yang saya akan buat di blog. Aldiko dapat menyimpan banyak sekali e-book dalam format PDF, Epub. Hal ini tentu dapat digunakan bagi seseorang yang sangat menyukai membaca yang lebih praktis.

Opera Mini

Dalam mencari ide dan riset tentu penulis sangat membutuhkan aplikasi browsing, salah satunya aplikasi Opera Mini. Aplikasi ini yang sering saya gunakan karena terasa lebih ringan dibandingkan aplikasi browsing lainnya.

Chrome

Aplikasi ini sama seperti Opera Mini yang merupakan aplikasi Browsing, bedanya saya lebih sering menggunakannya pada PC karena lebih mudah dan cepat. Tentunya mendukung dalam hal observasi dan riset sebelum menulis.

TweetCaster

Aplikasi pendukung ini merupakan aplikasi yang saya gunakan dalam rangka Share hasil tulisan saya di Blog. Tweetcaster merupakan aplikasi twitter untuk Smartphone yang menurut saya lebih simpel dibandingkan aplikasi twitter sejenis.

Selain aplikasi-aplikasi di atas, ada beberapa aplikasi yang biasa saya digunakan seperti PictArt (terkadang jika sedang ingin memunculkan gambar unik), Memo (biasanya aplikasi bawaan dari smartphone), dan berbagai macam Socmed seperti Instagram, path, dan facebook.

Beberapa aplikasi ini tentu dapat mempermudah para blogger dalam melakukan posting dan share hal-hal yang menarik seperti yang sering dilakukan Emak Gaoel. Semoga saya dapat mengikuti jejak Emak Gaoel yang menginspirasi, Amin.

Hal yang dapat saya ambil dalam beberapa tahun menjadi blogger pemula adalah “Menikmati ini karena kesenangan, terus menulis untuk suatu hal yang sederhana, dan jadikan tulisanmu berkualitas untuk dibaca”


Go For It Blog Competition

        

Comments

Popular posts from this blog

Tabel Periodik Unsur Kimia

AMPEREMETER DAN VOLTMETER

·           VOLTMETER Voltmeter DC merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui beda potensial tegangan DC antara 2 titik pada suatu beban listrik atau rangkaian elektronika. Konsep yang digunakan dalam sebuah volt meter DC hampir sama dengan konsep pada ampere meter. Pada volt meter arus searah atau DC volt meter tahanan shunt atau shunt resistor dipasang seri dengan kumparan putar magnet permanen (permanent magnet moving coil) PMMC yang berfungsi sebagai pengali (multiplier).  Tahanan Pengali (Multiplier Resistor) Penambahan sebuah tahanan seri atau pengali (multiplier), mengubah gerakan d’arsonval menjadi sebuah voltmeter arus searah. Tahanan pengali membatasi arus kealat ukur agar tidak melebihi arus sakala penuh (Idp). Sebuah voltmeter arus searah mengukur beda potensial antara dua titik dalam sebuah rangkaian arus searah dan dengan demikian dihubungkan paralel terhadap sebuah sumber tegangan atau komponen rangkaian. Biasanya terminal-termianal alat ukur ini di

LOGO FMIPA DAN UNIVERSITAS PAKUAN, BOGOR

Logo diatas merupakan logo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan, Bogor. Logo diatas merupakan Logo sebuah universitas yang bernama Universitas Pakuan di kota Bogor.