Skip to main content

Berat Atom Magnesium


Pada awalnya terdapat sejumlah kesulitan besar karena postulat kelima dalton memberikan perbandingan jumlah atom yang salah dalam banyak kasus. Banyaknya hasil yang salah tersebut dengan cepat membuktikan bahwa postulat kelima dalton ternyata tidak benar. Hal ini terus berlangsung selama 50 tahun kemudian sampai ditemukannya metode percobaan untuk menentukan perbandingan atom dalam senyawa dan pada saat yang sama juga ditemukan skala massa atom relatif saat ini. Massa relatif ini disebut Massa atom, atau kadang-kadang berat atom.
Massa atom unsur yang paling ringan adalah hidrogen. Mula-mula diambil sebagai satuan massa atom (sma). Tetapi kemudian standart nilai massa atom modern didasarkan pada jenis atom karbon yang paling umum, disebut “Karbon – 12” dan ditulis 12C (David,2003).
Perbedaan pendapat ntara dalton dan avogadro terjadi karena rumus molekul gas belum diketahui waktu itu. Rumus tersebut dapat ditentukan dari massa atom yang membentuk molekul itu. Jadi, penentuan massa atom yang terdapat sangat penting dalam ilmu kimia.
Atom adalah partikel terkecil sehingga tidak dapat dilihat walaupun dengan mikroskop. Kita tidak dapat mengambil satu atau beberapa atom lalu menimbangnya, dan juga tidak ada timbangan untuk itu. Oleh sebab itu, dicari jalan lain berdasarkan teori yang ada. Menurut Dalton, Massa atom adalah sifat utama unsur yang membedakan satu unsur dengan yang lain. Karena atom sangat ringan, maka tidak dapat digunakan satuan g (gram) atau Kg (kilogram) untuk massa atom,dan harus dicari suatu atom sebagai massa standar. Perbandingan massa satu atom dengan massa atom standar disebut massa atom relatif (Ar).
Massa atom relatif sangat penting dalam ilmu kimia untuk mengetahui sifat unsur dan senyawa. Ada tiga cara penentuan massa atom relatif, yaitu dengan hukum Dulong dan petit, analisis Cannizzaro, dan spektroskopi.(Syukri,1999).
Hukum Dulong dan petit diawali dengan penyelidikan yang dilakukan Piere Dulong dan Alexis Petit pada tahun 1819 tentang kalor jenis beberapa unsur logam, ternyata atom yang berat mempunyai kalor jenis lebih kecil, karena makin berat suatu atom makin besar energi yang diperlukan untuk menggerakannya. Berdasarkan hal ini Dulong dan Petit menduga bahwa ada hubungan antara massa atom dengan kalor jenisnya. Kemudian Dulong dan Petit menyatakan bahwa hubungan ini berlaku umum untuk semua unsur dan akhirnya disebut dengan Hukum Dulong dan Petit.
Analisis cannizzaro ada karena adanya perbedaan pendapat antara Dqalton dan Avogadro yang dapat menentukan massa atom relatif unsur melalui cara rapat uap. Sesuai dengan hipotesis avogadro, perbandingan massa dua macam gas yang mempunyai volume, tekanan, dan suhu yang sama akan merupakan perbandingan massa molekulnya. Cara yang paling tepat dalam menentukan massa atom relatif adalah dengan spektroskopi massa. Alat ini terdiri dari kran, listrik tegangan tinggi, jaringan kawat, celah, kutub magnet, serta detektor. Sampel yang dipanaskan sampai jadi gas masuk ke ruang yang berada diantara tegangan listrik tinggi. Di sini partikel sampel ditabrak oleh elektron berenergi tinggi sehingga terionisasi.( Syukri,1999).
Magnesium dengan simbol Mg adalah unsur kimia dengan nomor atom 12 dan massa atom 24,305. Mg adalah unsur logam, berwarna putih dengan titik lebur 651° C dan titik didih 1.107° C. ditemukan pada tahun 1808 oleh H. Davy.
Magnesium bersumber dari terutama terpusat di bawah kerak bumi serta banyak dalam air laut dan air asin biasa.

Popular posts from this blog

Tabel Periodik Unsur Kimia

AMPEREMETER DAN VOLTMETER

·           VOLTMETER Voltmeter DC merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui beda potensial tegangan DC antara 2 titik pada suatu beban listrik atau rangkaian elektronika. Konsep yang digunakan dalam sebuah volt meter DC hampir sama dengan konsep pada ampere meter. Pada volt meter arus searah atau DC volt meter tahanan shunt atau shunt resistor dipasang seri dengan kumparan putar magnet permanen (permanent magnet moving coil) PMMC yang berfungsi sebagai pengali (multiplier).  Tahanan Pengali (Multiplier Resistor) Penambahan sebuah tahanan seri atau pengali (multiplier), mengubah gerakan d’arsonval menjadi sebuah voltmeter arus searah. Tahanan pengali membatasi arus kealat ukur agar tidak melebihi arus sakala penuh (Idp). Sebuah voltmeter arus searah mengukur beda potensial antara dua titik dalam sebuah rangkaian arus searah dan dengan demikian dihubungkan paralel terhadap sebuah sumber tegangan atau komponen rangkaian. Biasanya terminal-termianal alat ukur ini di

LOGO FMIPA DAN UNIVERSITAS PAKUAN, BOGOR

Logo diatas merupakan logo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan, Bogor. Logo diatas merupakan Logo sebuah universitas yang bernama Universitas Pakuan di kota Bogor.