Skip to main content

STOIKIOMETRI


Kata stoikiometri berasal dari bahasa Yunani stoicheion, artinya unsur. Dari literatur, stoikiometri artinya mengukur unsur-unsur. Istilah ini umumnya digunakan lebih luas, yaitu meliputi bermacam pengukuran yang lebih luas dan meliputi perhitungan zat dan campuran kimia.(petrucci, 1987).
STOIKIOMETRI atau hitungan kimia adalah cara perhitungan yang berdasarkan pada hukum - hukum  dasar ilmu kimia. Hukum pokok reaksi kimia terdiri dari:
1.      HUKUM KEKEKALAN MASSA  (HUKUM LAVOISIER,1783)
 "Massa zat-zat sebelum dan sesudah reaksi adalah tetap".
            Contoh :     C    +   O2   à  CO2
                            1,2 g     3,2 g       4,4 g
2.   HUKUM PERBANDINGAN TETAP (HUKUM PROUST, 1799)
 "Perbandingan massa unsur-unsur dalam tiap-tiap senyawa adalah tetap"
            Contoh : Dalam CO2 à C = 27,3% dan O = 72,7
3.      Hukum Penyatuan Volume (Gay Lussac)
Pada kondisi T & P yang sama, perbandingan volume gas pereaksi dan gas produk merupakan bilangan yang mudah dan bulat”
            Contoh : Hidrogen + Oksigen à uap air
                            2 vol          1 vol           2 vol          
                            2 H2     +   1 O2      à  2H2O
4.      Hukum Avogadro
Pada kondisi T & P yang sama, volume yang sama sejumlah gas, mengandung jumlah molekul yang sama”
            Contoh : Hidrogen + Nitrogen à Amoniak
                             3 vol            1 vol            2 vol
                            3n mol         1n mol         2n mol
5.      Hukum Perbandingan Setara
Bila suatu unsur bergabung dengan suatu unsur yang lain, maka perbandingan berat dari kedua unsur tersebut adalah sebagai perbandingan berat ekivalennya”
            Contoh :                          H                    O
                                    H2O     1,008               8,000
                                    H2O2    0,504              8,000 
6.      Hukum Kelipatan Perbandingan (Hukum Dalton)
     "Bila dua buah unsur dapat membentuk lebih dari satu senyawa, maka perbandingan massa dari unsur yang satu yang bersenyawa dengan sejumlah tertentu unsur lain merupakan bilangan bulat dan sederhana".
            Contoh : N dengan O (ada 5 senyawa yang terbentuk)
Konsep mol dan Tetapan Avogadro
1 Mol  =  6,022 x 10 23 partikel
 
Mol berasal dari bahasa Yunani yang berarti satu tumpukan / timbunan. Satu Mol didefinisikan sebagai jumlah zat yang mengandung partikel zat itu sebanyak atom yang terdapat dalam 12gr atom karbon –12
                              

Konsep mol bisa dilihat dari struktur yang berhubungan antara volume(V), jumlah partikel, massa, dan mol sebagai berikut:

MOL = GRAM / Ar  atau    GRAM / Mr
BERAT (GRAM) = MOL X Ar atau MOL X Mr
Senyawa kimia adalah zat yang tersusun oleh dua atau lebih unsur-unsur, sehingga merupakan kombinasi lambing yang disebut rumus kimia. Rumus kimia adalah lambing yang menyatakan unsur-unsur yang terdapat dalam sebuah senyawa dan jumlah atom relatif (Ar) dari setiap unsur. Rumus kimia yang didasarkan pada satuan rumus disebut rumus sederhana atau rumus empiris. Sedangkan rumus yang didasarkan atas sebuah molekul yang sebenarnya disebut rumus molekul.(petrucci, 1987)
Lambang-lambang yang menyatakan suatu reaksi kimia disebut persamaan kimia. Rumus-rumus pereaksi diletakan disebelah kiri dan hasil reaksi diletakan disebelah kanan. Antara dua sisi  itu digabungkan oleh tanda kesamaan (=) atau tanda panah(à). Contohnya sebagai berikut:
HCl  +  NaOH    à    NaCl  + H2O
Reaksi kimia biasanya mengalami perubahan dan pada suatu persamaan reaksi, jumlah atom disebelah kiri (pereaksi) harus sama dengan jumlah atom disebelah kanan (hasil reaksi). Untuk itu perlu digunakan bilangan yang disebut koefisien yang diletakan di sebelah kiri zat yang bersangkutan. Dimana koefisien dapat digunakan sebagai perbandingan mol zat yang bersangkutan. Pada suatu reaksi kimia sering ditemui pereaksi pembatas. Pereaksi batas adalah pereaksi yang habis lebih dahulu Untuk penyelesaian soal dihitung dari masing-masing jumlah mol satu persatu.(keenan, 1999)

Popular posts from this blog

Tabel Periodik Unsur Kimia

AMPEREMETER DAN VOLTMETER

·           VOLTMETER Voltmeter DC merupakan alat ukur yang berfungsi untuk mengetahui beda potensial tegangan DC antara 2 titik pada suatu beban listrik atau rangkaian elektronika. Konsep yang digunakan dalam sebuah volt meter DC hampir sama dengan konsep pada ampere meter. Pada volt meter arus searah atau DC volt meter tahanan shunt atau shunt resistor dipasang seri dengan kumparan putar magnet permanen (permanent magnet moving coil) PMMC yang berfungsi sebagai pengali (multiplier).  Tahanan Pengali (Multiplier Resistor) Penambahan sebuah tahanan seri atau pengali (multiplier), mengubah gerakan d’arsonval menjadi sebuah voltmeter arus searah. Tahanan pengali membatasi arus kealat ukur agar tidak melebihi arus sakala penuh (Idp). Sebuah voltmeter arus searah mengukur beda potensial antara dua titik dalam sebuah rangkaian arus searah dan dengan demikian dihubungkan paralel terhadap sebuah sumber tegangan atau komponen rangkaian. Biasanya terminal-termianal alat ukur ini di

LOGO FMIPA DAN UNIVERSITAS PAKUAN, BOGOR

Logo diatas merupakan logo Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Pakuan, Bogor. Logo diatas merupakan Logo sebuah universitas yang bernama Universitas Pakuan di kota Bogor.